Minggu, 25 Desember 2011

Kereta: update



Sekarang perkereta-apian yang saya tumpangi sudah banyak berubah daripada tahun pertama dulu saat saya masih semester satu dan dua. Mungkin yang tips berkereta yang lama sudah usang, saatnya membuat tips kereta yang update dan baru sesuai dengan perubahan kereta-api Penataran (surabaya - bangil - malang - blitar) tercinta.
Jumlah penumpang yang berdiri pada kereta api ekonomi sekarang sangat dibatas tidak sembarangan angkut seperti dulu oleh karena itu setiap stasiun memiliki jatah tiket masing masing dan mendapatkan tiket menjadi jauh lebih susah. Dulu tidak ada kata tiket kereta Penataran bisa habis tapi kejadian itu akan semakin anda sering temui di stasiun. "Maaf Tiket Kereta Penataran Habis" sehingga pulang tidak bisa sewaktu waktu dan perlu perencanaan tapi sisi positifnya adalah kereta menjadi lebih aman dan nyaman.
Tiket kereta Penataran dapat dibeli pada hari yang sama dengan keberangkatan kereta (tidak boleh pesan hari-hari sebelumnya) dari pagi hingga malam pokoknya saat loket buka. Oleh karena itu belilah tiket di pagi hari saat anda berencana pulang, biasanya dua hingga empat jam sebelum keberangkatan kereta tiket sudah habis terbeli. Tiket maksimal yang dapat dibeli satu orang adalah 4 tempat duduk. Sebaiknya anda membeli atau menitip teman anda sehingga anda tidak merasa asing di kereta nanti.
Tiket penumpang dengan tempat duduk hanya bisa dibeli di stasiun yang bisa melayani pembelian online (biasanya stasiun kecil tidak melayani pembelian tiket dengan tempat duduk). Penumpang kereta api jarak menengah memiliki nomer tempat duduk dan gerbong sesuai yang di cetak pada tiket (dulu semua tiket hanya bertuliskan tanpa tempat duduk). Jadi sekarang anda berhak mendapatkan duduk jika mendapat tiket dengan nomer tempat duduk hanya tinggal mencari gerbong dan nomer tempat duduk yang tertulis. Sayangnya masyarakat penumpang kereta ekonomi kadang belum siap ini dapat dilihat dengan banyaknya orang yang tidak duduk dengan nomer yang sesuai sehingga maen usir-usiran orang yang duduk. Kadang kala bahkan orang yang duduk tidak mau pindah (hahhaha....). Hanya saja kereta jarak menengah seperti penataran memiliki waktu berhenti di stasiun sangat singkat (kadang) sehingga penumpang belum sempat mencari tempat duduk dan gerbong saat kereta sudah berjalan, kadang bagi beberapa orang berjalan saat kendaraan melaju bukan hal mudah apalagi dengan barang bawaan yang cukup banyak. Sehingga duduk di sembarang tempat yang tidak ada penumpang lain duduk adalah hal yang tepat daripada mencari nomer tempat duduk yang entah kemana. Tidak ada tanda pengenal nomer gerbong  di dalam gerbong jadi penumpang yang mencari gerbong di dalam kereta agak kesusahan dan sering bertanya " ini gerbong berapa ya?"
Tapi jangan khawatir bagi penumpang tanpa nomer tempat duduk masih banyak tempat duduk yang kosong di dalam gerbong. Tapi tentu saja dengan konsekuensi bila ada orang yang mengusir anda karena tempat duduk yang anda duduki adalah tempat duduknya sebaiknya anda mengalah karena aslinya tempat duduk tersebut bukan hak anda.
Yah selain tiket yang membingungkan, pelayanan di stasiun juga tak kalah membingungkan. Dulu masih ada yang dinamakan tiket peron (yaitu tiket masuk stasiun untuk pengantar) sekarang tiket itu sudah dihapuskan sehingga pengantar hanya bisa mengantar hingga gerbang pemeriksaan tiket saja (padahal dulu saya juga sering mengantar hingga dalam kereta untuk perpisahan). Jika jam keberangkatan kereta anda masih lama anda tidak boleh masuk stasiun hingga J-1 (kurang 1 jam) dari keberangkatan kereta anda. Mungkin ini bertujuan agar jumlah orang dalam stasiun dapat dikendalikan sehingga lebih aman dan nyaman. Tapi jika mau sholat, mau pipis, gimana dong??? yah itu tinggal minta ijin dengan petugas pemeriksaa tiket. Insya Allah mereka mengizinkan anda masuk :D. Selain itu karena banyak kursi tunggu di dalam stasiun di pindah di lobby stasiun kadang di dalam stasiun jadi bingung mau duduk mana karena minimnya kursi yang ada sehingga justru menjadikan penumpang yang menunggu kereta menjadi terlantar duduk di emperan peron.
Memang sudah banyak perubahan yang terjadi di sistem perkerta-apian tetapi masih banyak  lagi yang perlu dikaji ulang terutama tentang cocok tidaknya sistem tersebut pada masyarakat menyulitkankah?memudahkankah?membuat nyamankah? Sebagai suatu simtem transportasi kereta adalah favorit bagi banyak orang terutama bagi orang kecil dengan tiket subsidi ekonomi yang murah meriah

Bonus Jadwal keberangakatan kereta api PENATARAN
Surabaya - Malang
04.33 - 07.32 - 10.47 - 15.07 - 16.17 - 18.45

Malang Kota baru - Surabaya
04.25 - 06.49 - 09.45 - 12.32 - 15.33 - 19.43

Bayangakan saat kau bertanya pada petugas loket? mbak tiket kereta penataran jam sekian masih ada? habis mbak!! dan itu tak satu kali dan dua kali sungguh bikin males aja kembali mecari ilmu ke surabaya..