Minggu, 25 Desember 2011

Apa yang didapat: sem 5??

Apa yang menarik di semester ini?
Apa ilmu yang di dapat semseter ini?
Apa inspirasi yang di dapat semester ini?


tak adakah? atau tak mengerti kah? atau tak terpikirkankah?


Yap, dibalik waktu yang terbatas semester dan usaha yang luar biasa dibandingkan semester yang dahulu kala, pasti banyak mendapatkan inspirasi dan pembelajaran!! Hora yuk kita review lagi kira-kira sudah dapat apa ya?


- Analisis Farmasi II Kuliah dan Praktikum
Pada Praktikum Analisis Farmasi II saya mendapatkan kesempatan menyenangkan sambil praktikum dan bermain bersama my Fav KS - 06 dengan moment kembaran baju, salah lamda max, demam bakcang dan masih banyak lagi. Dapat mengenalkan bapak dan ibu laboran yang luar biasa hebatnya mengenal instrumen-instrumen seperti Prof. Kus (heheh) Pak das Mas Iwan dan Mbak Yayuk (yok.. kembaran baju lagi). Mengerti bagaimana preparasi sampel dan validasi metode baik linearitas, selektivitas, akurasi, presisi, LOD lebih baik daripada pemahaman sebelumnya. Mengetahui betapa di alam ini banyak sekali bahan tambahan dalam makanan yang berbahaya, sehingga sebaiknya hanya minum air putih saja (hahahha... la trus gimana). Mengetahui ternyata mikroba keberadaannya dalam sediaan harus dikendalikan. Mengetahui bahwa Analisis Farmasi itu sulit dan bebannya 6 sks (oh tidak.... :(........)


- Solida Kuliah dan Praktikum 
Yah.. ini solida materi baru yang menarik yang belum pernah diterima sebelumnya.. praktikumnya menarik kadang juga melelahkan tumbling dengan toples, dan tenggorokan yang pahit karna partikel obat yang kecil-kecil masuk ke dalam saluran nafas. Tapi di Solida Praktikum saya telah berkenalan dengan alat-alat yang kuno hingga canggih.. seperti alat pencetak tablet yang terlihat kuno, alat pengukur BJ mampat dan nyata (tuk-tuk tools) hingga alat seperti spray dried yang canggih, penghitung MC, alat uji disolusi, penghitung waktu hancur. dan bagi saya alat yang baru sperti berkenalan dengan orang baru terasa menyenangkan dan pingin usil. Di kuliah saya mendapatkan pengetahuna tentang metode-metode pembuatan tablet, studi formulasi dan praformulasi, cara menyampur, cara mengeringkan, pengecilan ukuran partikel, kapsul dan yang keren sustained release (walupun agak gak mudeng) hehhee.... disini saya juga berhasil membuat kemasan dengan baik semoga punya saya di pajang dong pliz..pliz...


- Liquid Kuliah dan Praktikum
 Wah ini semester ini rasanya habis sudah waktu untuk diskusi terutama untuk Liquida  Praktikum, pagi siang sore malam dihabiskan untuk diskusi mencari literatur sana sini mikir formula ini itu tapi itu semua benar-benar menyenangkan rasanya belum pernah seberusaha keras seperti Liquida Praktikum..... tegang, senang, sedih, bahagia dan  lebih lagi adalah lega. Yah di liquida Praktikum ini dengan kelompok manusia yang diacak tidak urut NIM saya mengenal lebih dalam teman satu kelas menjadi lebih baik terutama memahami bagaimana mereka. Liquida Praktikum adalah tantangan terbesar semester ini rasanya telah banyak berusaha dan bekerja keras di sana mulai dari Syrup Drop Suspensi dan Syrup Kering satu kata: PEMBELAJARAN YANG AMAZING yang mau tidak mau akan selalu mencari pemahaman tapi sayang terlalu menghabiskan banyak waktu dan energi. terbalik dengan liquida prkatikum liquida kuliah saya sering tertidur dan merasa tidak dapat apa-apa karna sebagian saya merasa tidak paham dan tidak jelas sepertinya saya perlu banyak belajar lagi.


- Biofarmasetika 
ini dia pembuka mata kuliah lain untuk Farmasi Klinik, terasa baru dan menawarkan banyak hal di dalamnya, menarik walupun kadang terasa susah. Tapi dari sini saya tahu mengapa obat harus memiliki dosis, tentang dosis terapi dan bagaiman grafik obat dalam tubuh, tentang Biovabilitas dan Bioekivalensi tentang bagaimana rute obat di dalam tubuh dengan berbagai jalur. 


-Manajemen Farmasi
mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana kerja di apotek dan pengelolaannya ternyata rumit dan butuh strategi ya... :P ternyata juga bukan hal yang mudah dan punya tantangannya tersendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar