Sabtu, 04 Agustus 2012

Q&A KKN BBM 46


Apa sih KKN-BBM itu?
KKN-BBM adalah singakatan dari Kuliah Kerja Nyata-Belajar Bersama Masyarakat, merupakan suatu program mata kuliah wajib di selenggarakan oleh Universitas (pihak LPPM) bagi semua mahasiswa S1 di Universitas Airlangga. Angka 46 adalah angkatan dari KKN-BBM tersebut. Sebagai Mata kuliah KKN-BBM adalah Mata Kuliah paling menyenangkan dan mengesankan.
Kapan KKN-BBM di lakukan?
Karena KKN-BBM adalah suatu Mata Kuliah, maka ada syarat tertentu pengambilan mata kuliah ini, yaitu jumlah SKS kumulatif yang ditempuh hingga semester itu lebih dari 110, tapi tak hanya itu saja biasanya pihak fakultas sudah mengatur waktu pengambilan KKN-BBM yang tepat bagi mahasiswanya. KKN-BBM bisa diambil baik pada semester genap maupun semester ganjil. KKN-BBM 46 yang saya jalani ini dimulai pada tanggal 10 Juli 2012 - 4 Agustus 2012
Dimana saja KKN-BBM diselenggarakan?
KKN-BBM diselenggarakan di beberapa kabupaten dan kota yang telah bekerja sama dengan Unair seperti: Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Probolinggo dan Sampang. Setiap kelompok yang dibentuk diterjunkan dalam tingkat desa. Contoh saja KKN-BBM yang saya lakukan ada di Desa Kotah Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Kalau berfikir mendapatkan tempat yang dekat seperti Surabaya dan Sidoarjo menyenangkan karena tak perlu jauh dari rumah dan koz, itu salah besar semakin pelosok dan jauh tempatnya makin menantang karena keluar dari zona aman dapat meningkatkan ketangguhanmu.
Apa saja yang dilakukan di KKN BBM?
KKN-BBM itu bagai suatu kepanitian suatu acara yang dilakukan selama 1 Bulan. Sebelum di lakukan KKN-BBM setiap kelompok membuat proposal yang berisi program kerja dengan mempertimbangkan keadaan desa dan sumber daya manusia kelompok, hal inilah yang memerlukan kumpul kelompok dan survey berkali-kali sebelum pelaksanaan KKN. Setiap proker biasanya di PJ kan pada satu orang dan setiap divisi memiliki beberapa proker. Tapi yang berbeda pada angkatan 46 ini adalah setiap kelompok dianjurkan memiliki proker tematik (proker unggulan) yang akan menjadi program kerja utama, hanya saja penentuan program unggulan itu tidak semudah bayangan. Sedangkan pada pelaksanaannya, seperti kepanitiaan pada umumnya hanya saja ketika satu acara selesai masih ada acara yang lain jadi saling berantai selama 1 bulan tersebut. Tapi tidak setiap hari kita melaksanakan proker, bahkan banyak hari liburnya hahahha... :D
Seperti kelompok KKN saya ini memiliki berbagai program kerja seperti EDE (elementery dental health education) dan Gosok Gigi-Cuci tangan, Minum Susu dan Senam Bersama, Lomba Cerdas Cermat, Penyuluhan Kewirausahaan, Lomba Kebersihan Sekolah dsb, dengan program unggulan Pelatihan Kewirausahaan yaitu Pembuatan Puding Jagung, Dodol Jagung dan Kripik Singkong.
Bagaimana Pembagian Kelompok KKN BBM?
Pembagian Kelompok KKN-BBM selama ini masih diurusi oleh LPPM, yaitu acak sesuai NIM. Jadi setiap Kelompok terdiri dari 18-20 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas, kadang 1 fakultas berisi 3 atau 2 mahasiswa. Tapi tidak semua fakultas ada pada kelompok. Kelompok KKN saya ini terdiri dari Kedokteran (2 orang) Kedokteran Gigi (1 orang) Ekonomi (2 orang) Farmasi (3 orang) FISIP (2 orang) FKH (2 orang) FIB (2 orang) FKM ( 2 orang) FST ( 1 orang) FPK ( 1 orang). Selain itu karena jumlah lelaki di Unair sangatlah sedikit jadi pada 1 kelompok hanya teridri dari kira-kira 5 orang laki-laki (laki-laki sangatlah berharga di saat seperti ini). Perpindahan kelompok bisa dilakukan dengan membuat surat ijin perpindahan asalkan yang dipindah adalah 1 fakultas dan sama gendernya. Mungkin sedih karena tak ada teman satu fakultas yang satu kelompok? Mungkin takut juga bercampur baur dengan fakultas lain? Dont worry :D justru karena perbedaan latar belakang ilmu pada fakultas yang macam-macam itulah yang membuat KKN menjadi lebih seru dan justru akan membuat dirimu menjadi lebih " diri sendiri"
DPL apa sih?
DPL adalah singakatan dari dosen pembimbing lapangan, yang akan membimbing kita selama proses KKN mulai dari pembuatan proposal hingga penilaian. DPL akan sering kali berhubungan dengan ketua dan terkadang berkunjung ke tempat KKN kita berada. DPL pada kelompok KKN saya ini adalah Drs. Hani yang berasal dari FKH, beliau adalah DPL yang baik cantik dan kalem, meskipun begitu beliau mau sering kali datang ke tempat KKN kami berada.
KKN biaya besar?
Wah ini dia yang kadang menjadikan KKN ditakuti, memang KKN membutuhkan biaya yang besar itu tapi itu semua tergantung dengan proker yang kamu buat dan keputusan kelompok. Sebenarnya pihak LPPM sendiri sudah memberikan pesangon pada Mahasiswa per anak adalah Rp. 150.000,- tapi itu tidak cukup untuk biaya hidup 1 bulan disana dan biaya pelaksanaan proker. Pada umunya para mahasiswa melakukan iuran lagi untuk biaya hidup dan proker besarnya kira-kira antara 400 rb - 700 rb. Tapi uang itu biasanya akan kembali kok... Tapi biaya yang besar jangan sampai menyurutkan semangat untuk mengikutinya karena kalau sampai sana rasanya apa yang kita berikan itu justru hanya sebagian kecil yang kita punya untuk mereka bahkan kadang hati kita justru akan lebih tergerak lagi.
KKN hidup susah?
Gak selalu kok, mungkin ada beberapa kesusahan yang sering terjadi seperti tidak ada sinyal, tidak ada air, jalan jauh kepelosok, jauh dari orang tua dll. Tapi itu semua pasti dapat teratasi, sehingga kesan susah pada awal KKN hanya akan sirna ketika KKN usai, yang ada hanyalah kenangan bahwa KKN itu menyenangkan :D
KKN Repot?
Tentu saja repot, seperti pindah rumah selama 1 bulan, tapi bagi anak Kost itu sudah biasa. Barang bawaanmu bisa saja 2 koper atau lebih, bahkan besar koper dan orangnya akan lebih besar kopernya hehehe.. Saran saya jangan membawa barang yang bisa dibeli di sana, kadang pikiran kita yang sempit membuat kita membawa semua barang dari rumah padahal disana juga ada toko, ada pasar, bahkan juga ada i**omart kok (walapun agak jauh), beli lah secukupnya jangan kalap kayak orang gak pernah makan atau lihat. Bahkan karena semua orang membeli snack, justru snack akan sangat berlimpah.
KKN keluarga baru?
Selalu kelompok KKN akan membawa suatu ikatan yang lebih dari kawan biasa. Hidup bersama mulai bangun tidur, makan, proker, bercanda, berifkir, hingga tidur lagi dalam 1 bulan. Mulai dari kesan pertama, kepribadian, hubungan, kedekatan, prasangka, pembicaraan di belakang banyak hal terjadi. Dan semuanya akan merasa lega, merasa bahwa ini adalah suatu keluarga baru dengan baik dan buruknya kenangan yang akan terus mengadakan hubungan hingga akhir nanti.

2 komentar:

  1. Kalo di ITB gak ada KKN, kita adanya Kerja Praktek (KaPe) yang biasanya diambil pas liburan semester 6 ke semester 7. Magang di perusahaan dalam waktu 2-3 bulan. Bebannya bervariasi antara 1-2 sks.
    Btw, kok BBM, kepanjangannya cuma Bersama Masyarakat, kurang 1 'B' lagi tuh.

    BalasHapus
  2. Halo. Terima kasih banyak infonya. Saya cukup pusing mengeruk memori tentang KKN-BBM 46 ini karena sudah 5 tahun lebih berlalu. Membantu riset saya. Seandainya bisa tanya-tanya lagi tentang pembekalannya dulu, saya pasti sangat terbantu. Anyway terima kasih ya. Salam.

    BalasHapus