Minggu, 18 Desember 2011

Semester 5:Packaging Design

not ordinary oranges...
Packaging design ini adalah salah satu keahlian saya berguna dan ada hubungannya sedikit dengan dunia kefarmasiaan: yaitu desain kemasan obat. Design Packaging ini ada di dua matakuliah dari departemen farmasetika yaitu solida dan liquida.
Design Packaging yang dimaksud adalah membuat dan merencanakan kemasan mulai dari kemasan primer, sekunder dan brosur obat.
Kemasan primer terdiri dari label, kemasan sekunder terdiri dari dus, dan brosur obat yang memuat keterangan obat lebih lengkap.
Merencanakan kemasan obat meliputi: Penamaan Brand, Pemberiaan nama Perusahaan, melengkapi informasi obat yang tertulis seperti dosis, indikasi, kontra indikasi, peringatan, efek  samping, interkasi obat, cara pemakaian dan lainnya, selain itu kita juga membuat nomer registrasi dan nomer batch dan expired date juga, selayaknya perusahaan farmasi yang sudah siap memasarkan obatnya.
Hanya saja kemasan untuk solida seperti tablet dan kapsul sudah banyak yang menggunakan blitzer dan strip, sedangkan di fakultas kami tidak ada teknologi untuk packaging menggunaklan blitzer dan strip. Jadi tablet dan kapsul hanya dimasukkan kedalam botol coklat atau botol obat biasa lalu diberi label.
Ini adalah contoh kemasan-kemasan yang telah saya buat dia mata kuliah solida bentuk sediaan tablet dengan berbagai metode pembuatan:
1.  Asam mefenamat 500mg metode: granulasi basah
Kemasan sekunder Vinemat 
tabletnya warna ungu lo walaupun agak pudar jadi agak abu-abu :P
2.  Vitamin C 50 mg metode: cetak langsung
kemasan sekunder
kemasan primer

pake gambar kon (bleach) karna lucu heheh...

3. kemasan dan laporan Aspirin tablet

kemasan-kemasan yang telah saya buat dia mata kuliah likuida bentuk sediaan syrup, drop, suspensi dan dry syrup:

1.Paracetamol drop dan syrup untuk bayi dan anak-anak
Kemasan sekunder Atamol syrup dan drop 

kemasan sekunder Atamol Syrup
rasa jeruk lo.. :D makanya gambarnya juga jeruk.. walupun pH nya jadi turun

2. suspensi antasida
Kemasan sekunder Aforsida
Kemasan Primer Aforsida



walaupun kemasan bagus hasil sediaan sangat gagal total gara-gara cacking dan pemilihan suspending agent yang tidak tepat

3.  Dry Syrup Eritromisin utnuk anak-anak
Kemasan Primer Aformycin

kemasan sekunder dan primer Aformycin



Itulah kemasan-kemasan yang telah saya buat semester ini dengan penuh senang hati dan kebanggaan saya mempersembahkan kemasan-kemasan terbaik untuk obat-obat yang telah kami buat (walaupun banyak juga yang tidak berhasil dibuat dengan baik)

Adakah nanti lapangan pekerjaan yang ada hubungan antara Pharmacy dan Design yang akan menjembatani minat saya ini?adakah?