Jumat, 03 Juni 2011

Workshop dan Lomba Karya Pers Kampus Gatra 2011

not ordinary oranges..




saya akan menceritakan sutu kisah saya mengikuti seminar tersebut.


Salam Farma!!


informasi workshop itu saya dapat pada Selasa 24 Mei 2011, lewat SMS yang dijarkomkan berturut-turut dari teman-teman ke saya. Setelah itu saya baru melihat poster yang ditempel di depan mushola putra. Betapa bahagianya saya mengetahui bahwa workshop tersebut diadakan pada hari kamis, dan kami adalah hari kosong bagi saya. Maka saya pun mencari teman yang akan ikut dengan menjarkom sms itu pula. Sayangnya tidak satupun dari teman-temang Pedjoeang Farma memiliki waktu luang untuk mengikuti workshop tersebut. Lalu saya pun menghubungi dan mendaftar pada contact person sendiri dan ternyata saat itu saya masuk waiting list (belum peserta) dengan gaya memohon mohon akhirnya saya dapat kursi untuk mengikuti workshop tersebut


workshop tersebut merupakan rangkaian acara Workshop yang diadakan Gatra untuk Pers Kampus di banyak universitas di Indonesia. Karna itulah saya sangat bersemangat mengikutinya walaupun sendiri dont worry jecki :D


Kamis 26 Mei 2011 saya mengejar bus flash jam setengah 8, itulah kendaraan gratis yang saya tahu untuk ke kampus C, tanpa sarapan dan dengan jalan cepat. Saya datang terlambat sedikit tetapi workshop memang belum dimulai dan masih dalam tahap regristrasi peserta. Eh ketika saya akan menandatangani daftar hadir ternyata nama saya tidak ada (oh no..) tapi ternyata masih boleh nulis nama sendiri disana. Lalu ketika saya datang eh saya bertemu adek kelas SMP saya dan ternyata dia adalah Panitia.


Ini pertama kalinya saya mengikuti workshop di ruang sidang kahuripan kampus C. Suasananya memang enak tapi ada hal yang tidak membuat saya nyaman yaitu kesendirian saya diantara orang-orang yang bergerombol berbincang. Pesertanya gak tanggung tanggung bayak dan berasal dari berbagai daerah dari malang hingga madura (hebat kan?) dan mereka merupakan pengurus pers kampus masing-maisng universitas ataupun fakultas.


Overall acara disini baik dan saya dapat mengikutinya dengan antusias.


Beberapa yang saya ingin dalami dalam workshop-workshop jurnalistik pers kampus adalah tetang manajemen penerbitan dan rubrikasi, yang kadang tak di bahas secara mendalam hanya sekilas saja tidak seperti teknik penulisan yang dibahas secara detail (apa karna manajemen penerbitn dan rubrikasi adalah sesuatu yang sangat rahasia?). Pada Workshop ini pula saya tidak terlalu mendapatkan kedua hal tersebut.


Hal yang paling saya tunggu dari workshop seperti ini adalah evaluasi majalah yang ada. Karna ini adalah kesempatan langka dimana Majalah Pers Kampus (yang hanya beredar dikampus saja) dapat dinilai oleh para wartawan-wartawan hebat seperti beliau-beliau. Sebelumnya Farmapos juga pernahh mengalami penilaian evalusi ketika diadakan Seminar Pers Kampus oleh Warta Unair. Tapi kali ini beda yang menilai adalah benar-benar orang luar dan menurut saya topmarkotop ahlinya dalam penerbitan seperti itu. Tak lupa saya membawa 4 edisi Farmapos yang saya punya sebagai arsip untuk mengikuti penilaian itu. Dan sepertinya acara penilaian tersebut akan dilakuakan pada akhir acara. Hebatnya lagi acara penilaian tersebut berhadiah uang tunai (wow)


Ketika penilaian itu diumumkan (diambil hanya 5 tempat) saya sudah cukup miris karna Farmapos hanya berbentuk tabloid kiwir-kiwir (24 halaman) tidak setebal majalah yang lain. Dan ternyata syukur alhamdulillah farmapos menempati tempat kedua (dan saya pun maju ke depan). itu merupakan pukulan telak bagi saya untuk segera mendorong kawan-kawan menuju percetakan di edisi ini.


Saya pun pulang dengan kebahagiaan penuh, hingga beberapa hari fluktuasi karna kemenangan tersebut masih trasa bahkan hingga sekarang, karna itulah saya ingin mengabadikan hal tersebut dalam suatu tulisan


terimakasih kepada Mas Mizan dan Mbak dita kalian sukses membawa farmapos di tiga edisi lalu, menata rubrikasi kami, menata tulisan kami, menata layout kami, dan menata smangat kekeluargaan kami. Doakan kami juga sukses di edisi ini :D


Smoga farmapos dapat mengikuti lomba majalahvpers kampus tersebut hingga tingkat nasional..amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar