Jumat, 27 Desember 2013

Skripsi: suatu tahapan yang harus diselesaikan

Sudah lama tidak melanjutkan cerita tentang skripsi... wlpn tahap itu akhirnya telah terlewati tapi saya akan menceritakan tahapannya
Setelah berulang kali melakukan uji aktivitas, setelah kita kebal dengan kata kanibal. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan berbagai dosen pembimbing saya dan tim memutuskan menggunakan metode yang lama yaitu "time course". Proses penggantian metode tersebut memberikan banyak pencerahan mengurangi jumlah mencit yang digunakan dan mempersingkat waktu kerja. Jadi 6 orang uji aktivitas bisa dilakukan hanya 1 minggu dan pengulangan data pada minggu berikutnya. Jadi sekitar 3 minggu setelah penggantian data kami bekerja keras.
Dan hasilnya justru membuat banyak pertanyaan besar, membuat merasa sia-sia karena hasilnya menolak hipotesis. Selama beberapa hari saya berfikiran kosong termenung sedih karena sudah sejauh ini dan harus menolak hipotesis.
Walau berbagai pengolahan data sudah dilakukan, walau sudah belajar pengolahan data menggunakan spss dari nol tapi tetap saja Ha ditolak.
Sekali lagi ini pembelajaran pendewasaan, memang setiap penelitian tidak selalu menerima hipotesis, bahkan penolakan hipotesis adalah suatu hasil yang berharga.

Foto Tim Skripsi Piridin uji aktivitas di Lab Farmasi Klinis

Mengejar target sidang sebelum hari raya, puasa kali ini menjadi puasa yang paling penuh di surabaya, puasa dengan mengerjakan skripsi. Proses revisi berjalan lancar, bahkan saya termasuk salah seorang yang mengumpulkan draft sidang awal-awal. Saya sudah ingin segera mengumpulkan segera sidang karena lelah dihantui pertanyaan dari orang tua kapan sidang?atau pertanyaan seseorang gimana skripsinya? Karena saya mengumpulkan awal-awal dan terburu-buru jelas saya mendapat jadwal sidang pertama tapi saya harus siap memang, saya latihan sidang di depan dosen-dosen medisinal. Dan ternyata sidang saya diundur satu minggu karena dosen pembimbing 2 tidak bisa hari itu. Jadi diantara 5 teman yg mengumpulkan draft sayalah yang sidang terakhir. saya menonton sidang teman teman mendukung mereka menjadi notulensi yang baik.
Foto bersama dengan pembimbing selesai sidang

Hingga saat saya sidang tiba, saya tidak setakut sidang proposal dulu. Saya lebih siap. Dan kira kira inilah yang dikatakan penguji tetang skripsi saya yaitu saya banyak salah ketik dan saya kacau dalam membuat abstrak bahasa inggris. Saya ditanyai pertanyaan yang sangat berbobot yang saya tak saya sangka yaitu tentang metode penelitian, tentang macam eksperimental dll. Alhamduillah wlpn saya kacau menjawabnya tapi saya masih lulus sidang dengan memuaskan. Akhirnya saya bisa melewati tahap tersebut dan bisa mengatakan "alhamdulillah sudah lulus skripsinya tinggal lanjut profesi" saat lebaran nanti.
Lebaran tiba saatnya rehat sejenak dan merasa lega dapat melewati itu semua tinggal revisi jilid dan semua beres.

Foto yudisium bersama teman satu kelas

Tentang skripsi ada banyak kebahagiaan disana... ada banyak yang harus disyukuri. Kami mengirimkan ke 6 abstrak kami ke sebuah konferensi kimia medisinal di jakarta namanya ICMCTA dan syukurlah abstrak kami diterima. Karena masalah tanggal acara saat ujian profesi dan masalah biaya, hanya 4 orang (saya, nindi, rizqa, adit) dan deka yang memutuskan pergi ke jakarta. Itu menjadi perjalanan dan pengalaman panjang selama 3 hari 2 malam. Pengalaman pertama naik pesawat setelah sekian lama, pengalaman pertama ikut konferensi yang bener-bener interntasional, pengalaman pertama mbolang jauh gak sama keluarga, pengalaman pertama mempresentasikan poster di depan bule pake bahasa inggris. Itu pengalaman yang membukan wawasan kami tentang dunia kimia medisinal.
Satu lagi bahkan tanpa disangka dana penilitian kelompok kami cair walaupun tidak seluruhnya tapi itu sudah membuat hati senang. Terima kasih Isti dan Bu dian yang sudah mengusahakan.
Foto bersama Prof Rob dari Belanda sebagai salah satu pembicara

Skripsi menjadi suatu pengalaman berharga tak terlupakan, lab dan tempat duduk depan kimia medisinal menjadi tempat favorit. Teman, dosen, laboran menjadi kawan yang berharga. Setiap pengalaman menjadi suatu pelajaran. Dan skripsi adalah suatu tahapan panjang yang harus diselesaikan :)

Foto Kejutan Ulang Tahun Pembimbing

2 komentar:

  1. kuereen bangeet jeck :')

    kau menyelesaikan tahapan tersebut dengan keren jeck, sampai bisa ikut konfrensi internasional... good luck buat profesinya yg insyaAllah tinggal separuh perjalan (1 smt), iya kan?

    ;)

    BalasHapus
  2. http://iyanzone.blogspot.com/2014/11/membuat-aplikasi-persediaan-pakai-excel.html

    BalasHapus